Ini Pembelaan Kuis Kebangsaan WIN-HT Soal Kuis Settingan

Video kuis kebangsaan WIN-HT heboh di jejaring sosial. Kuis yang digagas oleh pasangan Wiranto-Hary Tanoe (WIN-HT) tersebut dituding settingan belaka. Meski video resmi dari RCTI yang diunggah ke Youtube sudah diblok, pihak Kuis Kebangsaan mengungkapkan pembelaannya di jejaring sosial Twitter. "Kami memiliki SOP sama seperti kuis lain. Dalam SOP, para penelepon melakukan simulasi terlebih dahulu. Pada saat penelepon masuk (sesi simulasi) kami memberikan pertanyaan, bukan jawaban. Setelah simulasi berjalan dengan baik, baru kemudian kami menampilkan kuis tersebut live. Namun kami tegaskan tidak pernah ada settingan dalam kuis ini," tulis pihak Kuis Kebangsaan dalam akun Twitternya @kuiskebangsaan, Rabu (11/12).

Pihak Kuis Kebangsaan menilai, kejadian penelepon yang langsung menjawab sebelum diberikan pertanyaan secara live karena rasa excited peserta. Menurut dia, jika kuis tersebut settingan tentu tidak akan pernah ada kesalahan seperti itu. "Namun apa yang terjadi berapa waktu lalu, saat tampil live penelepon langsung menjawab pertanyaan. Hal tersebut terjadi karena euforia peserta. Karena ingin cepat menjawab pertanyaan, sesuai dengan simulasi sebelumnya," jelasnya.

Sebelumnya, kuis ini ditayangkan di RCTI, televisi milik Hary Tanoesoedibjo. Pertanyaan kuis seputar pengetahuan umum seperti sejarah dan geografi. Setiap penelepon yang bisa masuk, kemudian diminta mengucapkan password terlebih dahulu. Passwordnya adalah bersih, peduli dan tegas. Setiap peserta yang bisa menjawab langsung mendapatkan hadiah. Pihak WIN-HT pun menyediakan hadiah seperti dispenser dan kamera.

Nah, ada yang aneh dalam kuis ini. Seorang penelepon bernama Syaifudin dari Jawa Timur tiba-tiba langsung menjawab; A. Istana Maimun. Padahal, pertanyaan belum diajukan. Karena nyelonong menjawab terlebih dahulu, presenter kuis kebangsaan kemudian mengarahkan agar Syaifudin memilih huruf W-I-N-H-T untuk memilih pertanyaan. Syaifudin kemudian memilih huruf H. "Istana yang menjadi salah satu ikon Kota Medan dan dibangun pada tahun 1888 adalah? tanya presenter kuis. Di layar kaca terlihat tiga pilihan, yaitu; A. Istana Maimun B. Gedung Sate C. Museum Gajah. Kemudian Syaifudin menjawab A. Istana Maimun.

Sumber: merdeka.com
Tag : Berita
0 Comments for "Ini Pembelaan Kuis Kebangsaan WIN-HT Soal Kuis Settingan"

Back To Top