Potensi usaha ayam kampung cepat panen

Ayam kampung sebagai wirausaha kecil , budidaya ayam kampung bisa dibilang susah susah gampang, ada pepatah jawa (sinung) yaitu hoki atau mempunyai jiwa dalam usaha. Dalam memulai usaha budidaya ayam kampung jangan dulu memikirkankan sinung atau tidak namun kita harus mencoba, modal usaha pun bisa dibilang kecil. Prospek ayam kampung masih stabil di pasaran yaitu berkisar bobot 1kg dengan harga 25-30rb rupiah . dan penjualannya pun tidak susah karena masih banyak pembeli ayam kampung yang berkeliling setiap pagi hari, dipasarpun juga mudah menjualnya.

Hal hal yang perlu disiapkan untuk budidaya ayam kampung yaitu niat yang keras dan modal. Berkisar modal 500rb rupiah kita bisa berwirausaha ayam kampung.

Memulai usaha ayam kampung dengan pembesaran cepat dan menggunakan modal minim yaitu dengan pakan alternatif.

Persiapan usaha dengan modal 500rb. Yaitu :
1. Membeli indukan ayam kampung sebanyak 4 ekor induk dan 1 ekor pejantan, belilah yang sudah pernah bertelur dan untuk pejantan harus tua dan bisa mengawin si betina. Harga pasaran betina indukan ayam kampung berkisar antara 50-70rb sedang untuk pejantan berkisar antara 70-100rb.
2. Box untuk ayam umur 1-3minggu. Biasanya harga box ayam berkisar 45-60rb.

Memulai beternak yaitu kurung si betina dengan pejantan atau dilepas saja dengan metode umbaran asal masih ada pembatas agar ayam tidak jauh2 jika berjalan jalan . agar hafal dengan anda pemilik baru ayam maka kurung dulu minimal 3 hr dan beri pakan rutin agar si ayam mengenali bahwa anda pemilik barunya baru bisa dilepas.

Biarkan ayam betina dan pejantan agar kawin sendiri jika dimode umbaran dan sekitar 1 mnggu ayam sudah bunting dan bisa bertelur, lalu siapkan tempat mengerami terlur ayam dengan jumlah sesuai indukan yang anda punya, bahan tempat mengerami telur bisa menggunakan jerami (bekas tanaman padi) bisa cari di sawah . usahakan agar tempat mengeram tidak terlalu cekung juga tidak terlalu datar, kira kira saja untuk tempat mengeram. Tempatkan tempat mengeram telur agar posisi di atas jangan di atas tanah langsung.

Kira kira jika indukan sudah bertelur dan mengeram bersabarlah dalam waktu +/- 21 hari agar telur menetas. Dan setelah menetas anak ayam di pisahkan dari induk ayam dan taruh di box , usahakan untuk ayam 1-3 minggu box tertutup samping, bisa menempelkan sementara kardus dan beri lampu bohlam (lampu kuning) agar memberi hawa hangat dan jangan terlalu dekat posisil lampu trsbt dengan anak ayam.

Pemberian pakan ayam kampung gunakan voor (konsentrat 511) yang biasa digunakan untuk ayam potong, beri pakan sentrat sampai umur 1 bulan dan dimode pakan selalu ada , jangan lupa di beri air minum bervitamin seperti vitachicks .

Untuk menghemat pakan , maka setelah umur 1 bulan bisa menggunakan campuran bekatul + jagung + konsentrat dari umur 1 bulan sampai panen , kalau saya 3 bulan siap jual dengan bobot 1.3kg.

Saya ada tips menghemat pakan ayam, dengan membuat racikan pakan ayam namun bergisi serta menghemat anggaran, dengan menggunakan campuran daun pepaya dan daun ketela.
1. Cari daun pepaya dan daun ketela singkong lalu keringkan
2. Setelah kering remas dan lembutkan
3. Campur dengan nasi bekas atau bekatul dengab perbandingan 1:1:1 bisa juga ditambah dengan air agar lunak.

Khasiat daun pepaya untuk pakan ayam yaitu mencegah cacing dan juga agar protein dapat terserap lebih pada tubuh ayam, sedang daun singkong mengandung protein yang tinggi guna pertumbuhan ayam. Nah resep ini bisa anda coba sekaligus menghemat pakan .

Usahakan jual ayam kampung rutin satu bulan dan jangan tunda penjualan , karena menjaga tempat agar tidak menumpuk serta menghindari penyakit aratan. Sebab setiap bulan si indukan akan terus bertelur san silih berganti. Demi jaga jaga agar ayam tidak terserang penyakit anda bisa memvaksin ayam.

Presentase pendapatan bisnis ayam kampung :
4 induk menghasilkan sekitar 40ekor dengan dikurangi presentasu kematian menjadi 35ekor dengan harga jual 30rbx35 ekor = Rp. 1050.000,- dengan dikurangi asumsi pakan yaitu 250rb (dengan pakan alternatif) .kita akan untung 800rb. Untuk setiap bulan panen.

Nah untuk harga jual dan untung diatas masih perkiraan, karena harga beli pakan didaerah anda bisa berbeda dengan di daerah saya.

Dalam usaha ayam kampung tentu ada untung ada rugi, selagi tekat kita kuat dan terus giat pasti akan mendapat untung yang lumayan. Usaha ini cocok untuk menambah pemasukan serta cocok bagi mahasiswa yang mencari usaha sampingan.

Share pengalaman anda dikomentar atau anda ingin berbagi wawasan silahkan komentar dibawah artikel cara budidaya ayam kampung super cepat.

0 Comments for "Potensi usaha ayam kampung cepat panen"

Back To Top